} -->

Kapan Seseorang Dikatakan Keluar Dari Sunnah Menuju Bid'ah

جواب مفيد عن مسألة مهمة وهي : 《متى يخرج الرجل من السنة إلى البدعة》لفضيلة الشيخ محمد بن حزام البعداني الفضلي حفظه الله ورعاه

Jawaban yang bermanfaat mengenai masalah penting : KAPAN SESEORANG DIKATAKAN KELUAR DARI SUNNAH MENUJU BID'AH oleh Fadhilat Sheikh Muhammad bin Hizam Al-Ba'dani Al-Fadhli, semoga Allah menjaganya dan memberinya perlindungan

Terjemah bebas dari: t.me/ibnhezam/11899


بسم اللــــه الرحمـــــــــن الرحيم.

Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih, Yang Maha Penyayang.

📩 الســــــــــــؤال:

 يقول السائل: متى يحكم على الرجل بأنه خرج من السنة، وصار من أهل البدع؟ 

📩 Pertanyaan:

Pertanyaannya adalah: Kapan seseorang dianggap keluar dari Sunnah dan menjadi pengikut bid'ah?

📝 الإجـــــــــابة :- 

الحمد لله الهادي من يشاء من عباده إلى صراط مستقيم، من هداه فبفضله، ومن أضله فبعدله، ولا يظلم ربك أحدًا. 

📝 Jawaban:

Segala puji bagi Allah, yang memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya menuju jalan yang lurus. Barangsiapa yang diberi petunjuk oleh-Nya, maka itu adalah karunia-Nya. Dan barangsiapa yang disesatkan-Nya, maka itu adalah keadilan-Nya. Dan Tuhanmu tidaklah menganiaya seorang pun.

وأشهد أن لا إله إلا الله، وحده لا شريك له، وأشهد أن محمدًا عبده ورسوله وخليله، بعثه الله مبشرًا ونذيرًا، وداعيًا إلى الله بإذنه وسراجًا منيرًا، صلى الله عليه وعلى آله وصحبه، وسلم تسليما كثيرًا. أما بعد :

Dan aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, yang Allah mengutusnya sebagai pembawa berita gembira dan pemberi peringatan, serta penerang yang diizinkan oleh Allah. Semoga Allah memberikan shalawat dan salam atasnya, keluarganya, dan para sahabatnya. Setelah itu:

فقد قال الإمام أحمد رحمه الله: إخراج الناس من السنة شديدٌ. أخرجه الخلال (٥١٣) بإسناد صحيح. 

Imam Ahmad rahimahullah pernah mengatakan, "Mengeluarkan seseorang dari Sunnah adalah perkara yang serius." Hal ini diriwayatkan oleh Al-Khallal (513) dengan sanad yang sahih.

Baca selengkapnya di sini 


About

  رَبَّنَا ٱغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَٰنِنَا ٱلَّذِينَ سَبَقُونَا بِٱلْإِيمَـٰنِ وَلَا تَجْعَلْ فِى قُلُوبِنَا غِلًّا لِّلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفٌۭ رَّحِيمٌ

Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.

TRENDING