} -->

APAKAH ORANG PALESTINA MENJUAL TANAH MEREKA DAN MENYERAHKANNYA KEPADA ORANG YAHUDI?!

هل باع الفلسطينيون أرضهم؟ وتخلوا عنها لليهود؟! 

بقلم:
أ. د. محسن محمد صالح
مدير عام مركز الزيتونة للدراسات والاستشارات.

Ditulis oleh:
Mudir Al-Zaytouna Centre for Studies and Consultations.

سألني ذات يوم أحد أساتذة الجامعات العرب على استحياء هذا السؤال: هل باع الفلسطينيون أرضهم، وتخلوا عنها لليهود؟ ولم يكن ليسأل لولا أن الصلة توثقت بيننا، وعلم أنه لن يُحرجني بسؤاله. والواقع أنني لم أحرج من سؤاله، ولكن ما أثار استغرابي أنه أستاذ في التاريخ الحديث، وممن أسهموا في إعداد مناهج التاريخ في بلده العربي، وفيها مباحث عن فلسطين!!

Seorang profesor universitas Arab satu hari bertanya kepadaku dengan malu-malu: Apakah orang Palestina menjual tanah mereka dan menyerahkannya untuk orang Yahudi? Dia tidak akan bertanya jika tidak ada hubungan antara kami, dan dia tahu bahwa pertanyaannya tidak akan membuatku malu. Faktanya, saya tidak merasa malu dengan pertanyaannya, tetapi yang mengejutkan saya adalah bahwa dia adalah seorang profesor sejarah modern, dan dia telah berkontribusi dalam menyusun kurikulum sejarah di negaranya sendiri yang mencakup topik Palestina

فهمت بعد ذلك أن هذا السؤال يتردد في صدور الكثيرين، ويجدون حرجاً في إثارته، وعرفت كم يقصر الفلسطينيون، والمتخصصون في الدارسات الفلسطينية في شرح القضية بشكل سليم وموضوعي، ليس للعالم وإنما حتى لأبناء جلدتهم ودينهم.

Setelah itu, saya mengerti bahwa pertanyaan ini terus muncul di benak banyak orang, dan mereka merasa terbebani untuk mengangkatnya. Saya juga menyadari seberapa sedikitnya informasi yang dimiliki oleh orang Palestina dan para ahli studi Palestina dalam menjelaskan masalah ini secara benar dan obyektif, tidak hanya kepada dunia tetapi juga kepada sesama saudara mereka dan seiman.

تُركِّز الدعاية اليهودية الصهيونية على أن الفلسطينيين هم الذين باعوا أرضهم لليهود، وأن اليهود إنما اشتروها “بالحلال” من أموالهم، فلا ينبغي للفلسطينيين أن يطالبوا بعد ذلك بها! ولعلنا نستطيع هنا إعطاء فكرة مختصرة عن الموضوع.

Propaganda Yahudi Zionis menekankan bahwa orang Palestina yang menjual tanah mereka kepada orang Yahudi, dan bahwa orang Yahudi membelinya "dengan uang halal" sehingga tidak seharusnya bagi orang Palestina untuk menuntut kembali tanah tersebut setelah itu! Mungkin kita bisa memberikan gambaran singkat tentang masalah ini di sini.

فلسطين: شعب متجذر في أرضه:

إن الدعاية الصهيونية في بداياتها ومنذ القرن التاسع عشر ارتكزت على فكرة “أرض بلا شعب لشعب بلا أرض”، مُعتبرةً أنه لا يوجد شعب في فلسطين، وأن من حق اليهود الذين لا يملكون أرضاً أن تكون هذه الأرض لهم. لكنهم ومنذ بوادر الاستيطان الأولى وجدوها عامرة بالحيوية والنشاط، يعيش فيها شعب كادح متجذر في أرضه.

PALESTINA: BANGSA YANG BERAKAR DI TANAHNYA

Propaganda Zionis pada awalnya, sejak abad kesembilan belas, didasarkan pada gagasan "tanah tanpa penduduk untuk bangsa tanpa tanah", menganggap bahwa tidak ada bangsa di Palestina, dan bahwa kaum Yahudi yang tidak memiliki tanah berhak memiliki tanah ini. Namun, sejak awal permukiman pertama, mereka menemukannya hidup dan penuh aktivitas, dihuni oleh bangsa yang berakar di tanahnya.

ومن الطريف أن نذكر قصة متداولة أنه في العقد الأخير من القرن التاسع عشر بعث ماكس نوردو Max Nordau، أحد كبار قادة الحركة الصهيونية المقربين إلى ثيودور هرتزل Theodor Herzl، بحاخامين اثنين ليرفعا تقريراً إلى المؤتمر الصهيوني عن الإمكانية العملية للهجرة إلى فلسطين، وبعد أن رجعا، كتبا تقريراً جاء فيه: “إن فلسطين عروس جميلة، ولكنها متزوجة فعلاً من رجل آخر”!! [1] أي أن هناك شعباً يسكنها وليست أرضاً بلا شعب.

Menarik untuk mencatat kisah populer bahwa pada dekade terakhir abad kesembilan belas, Max Nordau, salah satu pemimpin gerakan Zionis yang dekat dengan Theodor Herzl, mengirimkan dua rabbi untuk menyampaikan laporan ke Kongres Zionis tentang kemungkinan migrasi ke Palestina. Setelah mereka kembali, mereka menulis laporan yang menyatakan: "Palestina adalah seorang pengantin yang cantik, tetapi dia sebenarnya sudah menikah dengan orang lain"!! [1] Artinya, ada bangsa yang tinggal di sana dan bukan tanah yang tidak berpenduduk.

مقاومة مبكرة:

لقد بدأت المقاومة الفلسطينية النشطة للاستيطان اليهودي الصهيوني في فلسطين منذ أن بدأ هذا المشروع بالظهور، ومنذ المراحل الأولى المبكرة له، في أيام الدولة العثمانية. فقد حدثت اصطدامات بين الفلاحين الفلسطينيين وبين المستوطنين اليهود سنة 1886، وعندما جاء رشاد باشا متصرفاً للقدس وأبدى محاباة للصهاينة، قام وفد من وجهاء القدس بتقديم الاحتجاجات ضده في أيار/ مايو 1890، وقام وجهاء القدس في 24/6/1891 بتقديم عريضة للصدر الأعظم (رئيس الوزراء) في الدولة العثمانية طالبوا فيها بمنع هجرة اليهود الروس إلى فلسطين وتحريم استملاكهم للأراضي فيها. [2]


PERLAWANAN AWAL

Perlawanan Palestina yang aktif terhadap pemukiman Yahudi Zionis di Palestina telah dimulai sejak proyek ini muncul, dan sejak tahap-tahap awalnya, pada masa Daulah Utsmaniyah. Bentrokan antara petani Palestina dan para pemukim Yahudi terjadi pada tahun 1886, ketika Rashad Pasha menjadi Gubernur Yerusalem dan menunjukkan dukungan kepada orang-orang Zionis. Sejumlah tokoh Yerusalem menyampaikan protes terhadapnya pada bulan Mei 1890, dan pada 24 Juni 1891, para tokoh Yerusalem mengajukan petisi kepada Sultan (Perdana Menteri) Daulah Utsmaniyah untuk melarang imigrasi Yahudi Rusia ke Palestina dan untuk melarang mereka memiliki tanah di sana.

وقام علماء فلسطين وممثلوها لدى السلطات العثمانية، كذلك صحف فلسطين بالتنبيه على خطر الاستيطان اليهودي والمطالبة بإجراءات صارمة لمواجهته. وترأس الشيخ محمد طاهر الحسيني مفتي القدس سنة 1897 هيئةً محلية ذات صلاحيات حكومية للتدقيق في طلبات نقل الملكية في متصرفية بيت المقدس، فحال دون انتقال أراضٍ كثيرة لليهود. وكان للشيخ سليمان التاجي الفاروقي، الذي أسس الحزب الوطني العثماني في سنة 1911، دوره في التحذير من الخطر الصهيوني، وكذلك فعل يوسف الخالدي، وروحي الخالدي، وسعيد الحسيني، ونجيب نصار. [3]

Para ulama dan perwakilan Palestina kepada otoritas Daulah Utsmaniyah, serta surat kabar Palestina, memperingatkan akan bahaya pemukiman Yahudi dan menuntut langkah-langkah tegas untuk menghadapinya. Sheikh Muhammad Tahir Al-Husayni, Mufti Yerusalem pada tahun 1897, memimpin badan lokal dengan wewenang pemerintah untuk memeriksa permohonan transfer kepemilikan di wilayah administrasi Baitul Maqdis, yang mencegah banyak tanah dari dialihkan ke tangan orang Yahudi. Sheikh Sulaiman al-Taji al-Faruqi, pendiri Partai Nasional Daulah Utsmaniyah pada tahun 1911, berperan dalam memperingatkan akan bahaya Zionis, begitu pula dengan Yusuf al-Khalidi, Ruhi al-Khalidi, Said al-Husayni, dan Najib Nassar.

وعلى الرغم من أن السلطان عبد الحميد والسلطات المركزية أصدرت تعليماتها بمقاومة الهجرة والاستيطان اليهودي، إلا أن فساد الجهاز الإداري العثماني حال دون تنفيذها، واستطاع اليهود الصهاينة من خلال الرشاوى شراء الكثير من الأراضي. ثم إن سيطرة حزب الاتحاد والترقي على الدولة العثمانية وإسقاطهم السلطان عبد الحميد سنة 1909، والنفوذ اليهودي الصهيوني الكبير بداخل هذا الحزب، قد سهل استملاك اليهود للأرض وهجرتهم لفلسطين.

Meskipun Sultan Abdul Hamid dan pemerintah pusat telah mengeluarkan perintah untuk melawan migrasi dan pemukiman Yahudi, korupsi dalam administrasi Daulah Utsmaniyah menghalangi pelaksanaannya, dan Yahudi Zionis berhasil membeli banyak tanah melalui suap. Kemudian, kendali Partai Persatuan dan Kemajuan atas Daulah Utsmaniyah dan penggulingan Sultan Abdul Hamid pada tahun 1909, serta pengaruh besar Yahudi Zionis di dalam partai ini, memudahkan Yahudi mengakuisisi tanah dan berimigrasi ke Palestina.

ومع نهاية الدولة العثمانية 1918 كان اليهود قد حصلوا على نحو 420 ألف دونم (أي 1.5%) من أرض فلسطين، اشتروها من ملاك إقطاعيين لبنانيين ينتمون إلى عائلات مثل آل سرسق، وتيان، وتويني، ومدور، أو من الإدارة العثمانية عن طريق المزاد العلني الذي تباع فيه أراضي الفلاحين الفلسطينيين العاجزين عن دفع الضرائب المترتبة عليهم، أو من بعض الملاك الفلسطينيين ينتمون إلى عائلات إقطاعية أمثال عائلات روك وكسار. وقد غطت عمليات الشراء هذه نحو 93% من الأرض التي حصلوا عليها. وعلى أي حال، فإن الخطر الصهيوني لم يكن يمثل خطراً جدياً على أبناء فلسطين في ذلك الوقت، لضآلة الحجم الاستيطاني والسكاني اليهودي، وللاستحالة العملية لإنشاء كيان صهيوني في ظل دولة مسلمة (الدولة العثمانية). [4]

Pada akhir Daulah Utsmaniyah pada tahun 1918, Yahudi telah memperoleh sekitar 420 ribu dounam (sekitar 1,5%) dari tanah Palestina, yang mereka beli dari pemilik feodal Lebanon yang berasal dari keluarga seperti keluarga Sursock, Tyan, Tuwaini, dan Mudawwar, atau dari administrasi Daulah Utsmaniyah melalui lelang publik di mana tanah petani Palestina yang tidak mampu membayar pajak mereka dijual, atau dari beberapa pemilik tanah Palestina yang berasal dari keluarga feodal seperti keluarga Ruk and Kassar. Pembelian-pembelian ini mencakup sekitar 93% dari tanah yang mereka peroleh. Namun demikian, pada saat itu bahaya Zionis tidak dianggap sebagai ancaman serius bagi penduduk Palestina, karena ukuran pemukiman dan populasi Yahudi yang kecil, serta ketidakmungkinan pendirian entitas Zionis di bawah pemerintahan Muslim (Daulah Utsmaniyah). [4]

تحت الاحتلال والقهر البريطاني:

وعندما وقعت فلسطين تحت الاحتلال البريطاني 1917-1948، كان من الواضح أن هذه الدولة جاءت لتنفيذ المشروع الصهيوني وإنشاء وطن قومي لليهود في فلسطين. وقد استثمرت كل صلاحيات الحكم الاستعماري وقهره لفرض هذا الواقع. وقد قاومت الحركة الوطنية الفلسطينية الاستيطان اليهودي بكل ما تملك من وسائل سياسية وإعلامية واحتجاجية، وخاضت الكثير من الثورات والمجابهات. وبلغ مجموع ما تمكن اليهود الصهاينة من الاستيلاء عليه خلال فترة الاحتلال البريطاني نحو 1.2 مليون دونم أي نحو 4.5% فقط من أرض فلسطين، على الرغم مما جندته من إمكانات عالمية، ورؤوس أموال ضخمة، وتحت الدعم والإرهاب المباشر لقوة الاحتلال الغاشمة.

DI BAWAH PENDUDUKAN DAN PENINDASAN BRITANIA

Ketika Palestina jatuh di bawah pendudukan Britania 1917-1948, jelas bahwa negara ini datang untuk melaksanakan proyek Zionis dan mendirikan tanah air nasional bagi orang Yahudi di Palestina. Semua kekuasaan kolonial dan penindasannya diinvestasikan untuk menerapkan kenyataan ini. Gerakan nasional Palestina melawan pemukiman Yahudi dengan segala cara politik, media, dan protes yang mereka miliki, dan terlibat dalam banyak pemberontakan dan konfrontasi. Jumlah tanah yang berhasil direbut oleh Zionis selama periode pendudukan Britania adalah sekitar 1,2 juta dönüm, hanya sekitar 4,5% dari tanah Palestina, meskipun mereka menggunakan sumber daya global, modal besar, dan dukungan serta teror langsung dari kekuatan pendudukan yang kejam.

ولكن مهلاً! فمعظم هذه الأراضي لم يشتروها في الواقع من أبناء فلسطين! فالحقائق الموضوعية تشير إلى أن معظم هذه الأراضي تسرب لليهود عن طريق منح حكومية بريطانية لأراضي فلسطين الأميرية “أراضي الدولة”، أو عن طريق ملاك إقطاعيين كبار غير فلسطينيين كانوا يقيمون في الخارج، ومُنعوا عملياً ورسمياً من الدخول إلى هذه المنطقة (تحت الاحتلال البريطاني) لاستثمار أرضهم إن كانوا يرغبون بذلك فعلاً.

Tetapi tunggu! Sebagian besar tanah ini sebenarnya tidak dibeli dari penduduk asli Palestina! Fakta objektif menunjukkan bahwa sebagian besar tanah ini bocor ke tangan orang Yahudi melalui pemberian tanah pemerintah Britania kepada "tanah negara" Palestina, atau melalui pemilik feodal besar yang bukan penduduk asli Palestina dan tinggal di luar negeri, yang secara praktis dan resmi dilarang masuk ke wilayah ini (di bawah pendudukan Britania) untuk benar-benar menginvestasikan tanah mereka.

فقد منحت السلطات البريطانية نحو 300 ألف دونم لليهود من الأراضي الأميرية دون مقابل، كما منحتهم 200 ألف دونم أخرى مقابل أجر رمزي، ففي عهد هربرت صموئيل Herbert Samuel، أول مندوب سامٍ بريطاني على فلسطين (1920-1925) وهو يهودي صهيوني، قام بمنح 175 ألف دونم من أخصب أراضي الدولة على الساحل بين حيفا وقيسارية لليهود، وتكررت هباته الضخمة على الأراضي الساحلية الأخرى وفي النقب وعلى ساحل البحر الميت. [5]

Otoritas Britania memberikan sekitar 300 ribu dönüm tanah milik negara kepada orang Yahudi tanpa imbalan, dan memberikan 200 ribu dönüm lainnya dengan biaya simbolis. Pada masa Herbert Samuel, Komisioner Tinggi pertama Britania untuk Palestina (1920-1925) yang juga seorang Yahudi Zionis, beliau memberikan 175 ribu dönüm tanah negara yang paling subur di pantai antara Haifa dan Caesarea kepada orang Yahudi. Bantuan besar ini terulang di tanah pantai lainnya, di Negev, dan di sepanjang pesisir Laut Mati. [5]

وكان هناك أملاك إقطاعية ضخمة لعائلات حصلت على هذه الأراضي، خصوصاً سنة 1869 عندما اضطرت الدولة العثمانية لبيع أراضٍ أميرية لتوفير بعض الأموال لخزينتها، فقامت بشرائها عائلات لبنانية غنية، وقد مثَّل ذلك وجهاً آخر للمأساة. وقد باع إقطاعيون من خارج فلسطين ما مجموعه 625 ألف دونم؛ فعائلة سرسق باعت أكثر من 200 ألف دونم من أراضي مرج ابن عامر للصهاينة، وتسبّب ذلك في تشريد 2,746 أسرة عربية هم أهل 22 قرية فلسطينية، كانت تفلح هذه الأراضي لمئات السنين. وتكررت المأساة عندما باعت إقطاعيو عائلات لبنانية أخرى نحو 120 ألف دونم حول بحيرة الحولة شمال فلسطين، كما باعت أسرتان لبنانيتان أراضي وادي الحوارث (32 ألف دونم) مما تسبب في تشريد 15 ألف فلسطيني. وقد بلغت الأراضي الزراعية التي باعها ملاك إقطاعيون غائبون خارج فلسطين (ينتمون لعائلات لبنانية وسورية) خلال الفترة 1920-1936 ما نسبته 55.5% مما حصل عليه اليهود من أراضٍ زراعية. [6]

Ada properti feodal besar untuk keluarga yang mendapat tanah ini, terutama pada tahun 1869 ketika Daulah Utsmaniyah terpaksa menjual tanah negara untuk mendapatkan sejumlah uang bagi kas negaranya. Keluarga Lebanon kaya membelinya, yang merupakan sisi lain dari tragedi tersebut. Feodal dari luar Palestina menjual total 625 ribu dönüm; keluarga Sursock menjual lebih dari 200 ribu dönüm tanah di wilayah Marj Ibn Amer kepada Zionis, menyebabkan pengusiran 2.746 keluarga Arab yang merupakan penduduk 22 desa Palestina, yang telah menggarap tanah-tanah ini selama ratusan tahun. Tragedi ini terulang ketika keluarga Lebanon lainnya menjual sekitar 120 ribu dönüm di sekitar Danau Hula di utara Palestina, dan dua keluarga Lebanon lainnya menjual tanah di Wadi al-Hawarith (32 ribu dönüm), menyebabkan pengusiran 15 ribu orang Palestina. Luas tanah pertanian yang dijual oleh pemilik feodal yang absen dari luar Palestina (mereka berasal dari keluarga Lebanon dan Suriah) selama periode 1920-1936 mencapai 55,5% dari total tanah pertanian yang diakuisisi oleh orang Yahudi. [6]

وعلى الرغم مما يتحمله من قام بهذه البيوع من أبناء هذه العائلات من مسؤولية، فإن اللوم لا يقع بشكل كامل عليهم وحدهم، إذ إن السلطات البريطانية منعتهم من الدخول لاستغلال هذه الأراضي، بحجة أنهم أجانب، وذلك بعد أن تم فصل فلسطين عن سورية ولبنان وفق تقسيمات سايكس-بيكو Sykes–Picot بين الاستعمارَين البريطاني والفرنسي. كما أن ذكرنا لبعض أسماء العائلات يأتي في سياق معلوماتي علمي.

Meskipun para penjual tanah ini bertanggung jawab atas tindakan mereka, tidak sepenuhnya kesalahan mereka sendiri, karena pihak berwenang Inggris melarang mereka mengakses tanah tersebut dengan alasan bahwa mereka adalah orang asing, setelah Palestina dipisahkan dari Suriah dan Lebanon sesuai dengan pembagian Sykes–Picot antara kedua penjajah Inggris dan Prancis. Penyebutan beberapa nama keluarga ini disampaikan dalam konteks pengetahuan ilmiah.

أما مجموع ما تسرب إلى أيدي اليهود من أراضٍ باعها لهم عرب فلسطين خلال الاحتلال البريطاني فكان نحو 260 ألف دونم (أقل من 1%) من أرض فلسطين. وقد حصل اليهود على هذه الأراضي بسبب الظروف القاسية التي وضعت حكومة الاستعمار البريطاني الفلاحين الفلسطينيين فيها، ونتيجة لاستخدام البريطانيين لأسلوب نزع الملكية العربية لصالح اليهود وفق مواد من صك الانتداب البريطاني على فلسطين، والتي تخول المندوب السامي هذا الحق. كما حدثت حالات بيع بسبب ضَعف عدد من الفلسطينيين ووقوعهم تحت الإغراءات المادية؛ وليس من المستغرب أن توجد في كل زمان ومكان في أي بلد عربي أو غير عربي، فئات قليلة تضعف أمام الإغراءات، لكنها على أي حال فئة منبوذة محارَبة من مجمل أبناء شعب فلسطين، وقد تعرض الكثير منهم للمقاطعة والتصفية والاغتيال خصوصاً في أثناء الثورة العربية الكبرى التي عمت فلسطين خلال 1936-1939.

Jumlah total tanah yang bocor ke tangan Yahudi dari tanah yang dijual oleh Arab Palestina selama pendudukan Inggris sekitar 260 ribu dönüm (kurang dari 1%) dari total tanah Palestina. Yahudi memperoleh tanah ini karena kondisi sulit yang dibuat oleh pemerintah kolonial Inggris bagi petani Palestina, dan akibat penggunaan Inggris dari metode pengosongan kepemilikan Arab untuk kepentingan Yahudi sesuai dengan mandat Inggris atas Palestina, yang memberikan wewenang ini kepada komisioner tinggi. Terdapat juga kasus penjualan karena kelemahan sebagian orang Palestina dan godaan materi; tidak mengherankan bahwa di setiap waktu dan tempat, baik di negara Arab maupun non-Arab, terdapat segelintir kelompok yang rentan terhadap godaan, meskipun mereka adalah kelompok yang terisolasi dari mayoritas masyarakat Palestina. Banyak dari mereka telah mengalami isolasi, penyingkiran, dan pembunuhan terutama selama Revolusi Arab Besar yang melanda Palestina antara 1936-1939.

وعلى هذا فإن مجموع ما حصل عليه اليهود من أبناء فلسطين حتى سنة 1948 لا يتجاوز 1% من أرض فلسطين، وخلال سبعين عاماً من بداية الاستيطان والهجرة المنظمة لفلسطين، وتحت ظروف قاسية. وهذا بحد ذاته يبرز مدى المعاناة التي لقيها اليهود في تثبيت مشروعهم وإنجاحه في فلسطين، ومدى إصرار الفلسطينيين على التمسك بأرضهم. [7]

Oleh karena itu, jumlah total tanah yang diperoleh oleh orang Yahudi dari orang-orang Palestina hingga tahun 1948 tidak melebihi 1% dari total tanah Palestina, dalam waktu tujuh puluh tahun sejak dimulainya pemukiman dan imigrasi terorganisir ke Palestina, dalam kondisi yang sulit. Ini sendiri menyoroti sejauh mana penderitaan yang dialami oleh orang Yahudi dalam membangun dan berhasil mewujudkan proyek mereka di Palestina, dan sejauh mana keteguhan orang Palestina dalam mempertahankan tanah mereka. [7]

مقاومة وصمود:

وقد قام أبناء فلسطين خصوصاً في الثلاثينيات من القرن العشرين بجهود كبيرة في محاربة بيع الأراضي، وكان للمجلس الإسلامي الأعلى بقيادة الحاج أمين الحسيني، وعلماء فلسطين دور بارز. فقد أصدر مؤتمر علماء فلسطين الأول في 25/1/1935 فتوى بالإجماع تحرِّم بيع أي شبر من أراضي فلسطين لليهود، وتعدُّ البائع والسمسار والوسيط المستحل للبيع مارقين من الدين، خارجين من زمرة المسلمين، وحرمانهم من الدفن في مقابر المسلمين، ومقاطعتهم في كل شيء والتشهير بهم. [8]

PERLAWANAN DAN KETAHANAN

Para anak Palestina, khususnya pada tahun 1930-an, telah melakukan upaya besar dalam melawan penjualan tanah. Dewan Tinggi Islam di bawah pimpinan Al-Hajj Amin Al-Husseini dan para ulama Palestina memainkan peran penting. Pada tanggal 25/1/1935, Konferensi Ulama Palestina pertama mengeluarkan fatwa secara bulat untuk melarang penjualan setiap jengkal tanah Palestina kepada orang Yahudi. Penjual, calo, dan perantara yang memfasilitasi penjualan dianggap murtad dari agama, dikecualikan dari komunitas Muslim, dan dilarang untuk dimakamkan di pemakaman Muslim serta di-boikot dan diumumkan secara terbuka.

وقام العلماء بحملة كبرى في جميع مدن وقرى فلسطين ضد بيع الأراضي لليهود، وعقدوا الكثير من الاجتماعات وأخذوا العهود والمواثيق على الجماهير بأن يتمسكوا بأرضهم، وأَلا يفرطوا بشيء منها. وقد تمكن العلماء من إنقاذ أراضٍ كثيرة كانت مهددة بالبيع، واشترى المجلس الإسلامي الأعلى قرى بأكملها مثل دير عمرو وزيتا، والأرض المشاع في قرى الطيبة وعتّيل والطّيرة، وأَوْقف البيع في نحو ستين قرية من قرى يافا. وتألفت مؤسسات وطنية أسهمت في إيقاف بيع الأراضي، فأنشئ “صندوق الأمة” بإدارة الاقتصادي الفلسطيني أحمد حلمي باشا، وتمكن من إنقاذ أراضي البطيحة شمال شرقي فلسطين، ومساحتها تبلغ 300 ألف دونم. [9]

تطور نسبة ملكية الأراضي في فلسطين تحت الاحتلال البريطاني

Para ulama melancarkan kampanye besar di semua kota dan desa di Palestina melawan penjualan tanah kepada orang Yahudi. Mereka mengadakan banyak pertemuan dan mengambil sumpah janji dari masyarakat untuk mempertahankan tanah mereka dan tidak menyerahkan sebagian pun dari tanah tersebut. Para ulama berhasil menyelamatkan banyak tanah yang terancam dijual, dan Dewan Tinggi Islam membeli seluruh desa seperti Deir Amr dan Zeita, serta tanah pertanian di desa-desa Tayyibah, Attil, dan Tira, serta menghentikan penjualan tanah di sekitar enam puluh desa di sekitar Jaffa. Lembaga-lembaga nasional ikut berperan dalam menghentikan penjualan tanah, seperti pendirian "Dana Bangsa" yang dikelola oleh ekonom Palestina Ahmed Hilmi Pasha, yang berhasil menyelamatkan tanah di Al-Batihah di utara-timur Palestina seluas 300 ribu dönüm.

Proporsi kepemilikan tanah di Palestina berkembang di bawah pendudukan Inggris.

السنةالفلسطينيون العرب (%)اليهود (%)
191898.51.5
1948946


تطور نسبة ملكية الأراضي في فلسطين تحت الاحتلال البريطاني 1918 و1948

Perkembangan kepemilikan tanah di Palestina di bawah pendudukan Inggris antara tahun 1918 dan 1948

حرب 1948 ونتائجها:

إن الخسارة الحقيقية لأرض فلسطين لم تكن بسبب بيع الفلسطينيين لأرضهم. فحتى سنة 1948 كان الفلسطينيون يحتفظون بنحو 94% من أرض فلسطين، بالرغم من قسوة معاناتهم وشراسة الاحتلال البريطاني والمشروع الصهيوني. أما أرض فلسطين التي قام عليها الكيان الصهيوني أو ما يسمى “إسرائيل”، فقد تم استلابها بسبب هزيمة الجيوش العربية في حرب 1948، حيث تمت السيطرة على نحو 77% من أرض فلسطين، كما قامت العصابات الصهيونية، المدعومة من القوى الكبرى، بارتكاب عشرات المجازر، وتهجير نحو 58% من شعب فلسطين بقوة السلاح، إلى خارج الأرض التي أقام اليهود الصهاينة عليها كيانهم.

PERANG 1948 DAN EFEKNYA

Kekalahan sebenarnya dari tanah Palestina bukan disebabkan oleh penjualan tanah mereka. Hingga tahun 1948, orang Palestina masih mempertahankan sekitar 94% dari tanah Palestina, meskipun mereka menderita keras dan menghadapi penjajahan Inggris serta proyek Zionis. Namun, tanah Palestina yang kemudian menjadi Israel, direbut karena kekalahan pasukan Arab dalam Perang 1948, di mana sekitar 77% dari tanah Palestina direbut. Selain itu, pasukan Zionis yang didukung oleh kekuatan besar melakukan puluhan pembantaian dan mengusir sekitar 58% dari rakyat Palestina dengan kekuatan senjata, ke luar tanah yang dijadikan basis bagi negara Zionis mereka.

لقد مزقت حرب 1948 النسيج الاجتماعي والاقتصادي للشعب الفلسطيني. ولم يكن الصهاينة الذين بنَوْا كيانهم على بحر من دماء الفلسطينيين وآلامهم ومعاناتهم ليشعروا بالإثم أو وخز الضمير. ويعترف موشيه ديان Moshe Dayan الذي تولى مناصب رئاسة أركان الجيش الإسرائيلي ووزارة الدفاع ووزارة الخارجية، وكان عالماً بالآثار، أنه “ليست هناك قرية يهودية واحدة في هذه البلاد لم يتم بناؤها فوق موقع لقرية عربية”. [10] وفي حرب 1967 قام الكيان الصهيوني باحتلال باقي أرض فلسطين (الضفة الغربية وقطاع غزة)، حيث تابع الاستيطان ومصادرة الأراضي تحت مختلف الذرائع.

Perang 1948 merusak jaringan sosial dan ekonomi masyarakat Palestina. Para Zionis yang mendirikan negara mereka di atas darah dan penderitaan rakyat Palestina tidak merasa bersalah atau berdosa. Bahkan Moshe Dayan, yang menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat Israel, Menteri Pertahanan, dan Menteri Luar Negeri, dan juga seorang ahli arkeologi, mengakui bahwa "tidak ada satu pun desa Yahudi di negara ini yang tidak dibangun di atas situs desa Arab". Pada Perang 1967, negara Zionis menguasai sisa tanah Palestina (Tepi Barat dan Jalur Gaza) serta melanjutkan pemukiman dan pengambilalihan tanah di bawah berbagai dalih."

***

وقد ظلت نظرة أبناء فلسطين حتى الآن إلى من يبيع أرضه أو يتوسط بالبيع نظرة احتقار وازدراء، وظلَّ حكمُ الإعدام يلاحق كل من تُسوِّل له نفسه بيع الأرض، وقام رجال الثورة الفلسطينية بتصفية الكثيرين من هؤلاء على الرغم من حماية قوات الاحتلال الصهيوني لهم.

Dan pandangan warga Palestina terhadap orang yang menjual tanahnya atau berperan sebagai perantara dalam penjualan, hingga saat ini, tetap menjadi pandangan yang merendahkan dan menghina. Hukuman mati masih menimpa siapa pun yang berani menjual tanah, dan para pria revolusioner Palestina telah menyingkirkan banyak dari mereka meskipun dilindungi oleh pasukan pendudukan Zionis.

والشعب الفلسطيني يَعدُّ فلسطين أمانة في عنقه، وهو يواصل صموده على أرضه، قابضاً على الجمر، لا يضره من خالفه أو خذله؛ ولن يتنازل عن ذرة تراب منها، وسيتابع مقاومته حتى تتحرر كاملة من نهرها إلى بحرها، وتعود لها هويتها العربية الإسلامية.

تطور السيطرة اليهودية الصهيونية على أرض فلسطين

Rakyat Palestina menganggap Palestina sebagai amanah yang harus dijaga, dan mereka terus bertahan di tanahnya, memegang erat bara, tidak akan diganggu oleh siapapun yang menentang atau menelantarkannya. Mereka tidak akan menyerahkan sejengkal tanah pun, dan mereka akan terus melanjutkan perlawanan hingga Palestina bebas sepenuhnya, dari sungainya hingga ke lautannya, dan kembali kepada identitas Arab dan Islamnya.

Perkembangan penguasaan Zionis Yahudi atas tanah Palestina.


الهوامش:

* أصل هذا المقال مستلة من فصل الأرض من كتاب دراسات منهجية في القضية الفلسطينية للدكتور محسن محمد صالح. ويوفرها مركز الزيتونة للقارئ الكريم في الذكرى الـ 72 لنكبة فلسطين 1948، وللرد على حملات تشويه صمود الشعب الفلسطيني ومقاومته للعدوان الصهيوني التي تزايدت مؤخراً.
[1] Avi Shlaim, The Iron Wall: Israel and the Arab World (New York: W. W. Norton & Company, 2001), p. 3.; and Benjamin Beit-Hallahmi, Original Sins: Reflections on the History of Zionism and Israel (Northampton: Interlink Pub Group Inc, 1998).
[2] عبد الوهاب الكيالي، تاريخ فلسطين الحديث، ط 9 (بيروت: المؤسسة العربية للدراسات والنشر، 1985)، ص 41-42.
[3] المرجع نفسه، ص 43-67.
[4] المرجع نفسه، ص 49.
[5] انظر: الموسوعة الفلسطينية، إشراف أحمد المرعشلي (دمشق: هيئة الموسوعة الفلسطينية، 1984)، ج 1، ص 180؛ وهند البديري، أراضي فلسطين: بين مزاعم الصهيونية وحقائق التاريخ (القاهرة: جامعة الدول العربية، 1998)، ص 187-237.
[6] انظر: الموسوعة الفلسطينية، ج 3، ص 561-562؛ وهند البديري، مرجع سابق، ص 239-248؛ وصالح أبو يصير، جهاد شعب فلسطين خلال نصف قرن (بيروت: دار الفتح، 1970)، ص 465-485.
[7] انظر: هند البديري، مرجع سابق، ص 249-259؛ ومحمد عرابي نخلة، تطور المجتمع في فلسطين في عهد الانتداب البريطاني 1920-1948 (الكويت: ذات السلاسل، 1983)، ص 144.
[8] انظر نص الفتوى في: وثائق الحركة الفلسطينية 1918-1939: من أوراق أكرم زعيتر، أعدتها للنشر بيان نويهض الحوت (بيروت: مؤسسة الدراسات الفلسطينية، 1984)، ص 381-391.
[9] انظر: بيان الحوت، القيادات والمؤسسات السياسية في فلسطين 1917-1948 (بيروت: مؤسسة الدراسات الفلسطينية، 1981)، ص 294-296؛ وعيسى السفري، فلسطين العربية بين الانتداب والصهيونية، ط 2 (القدس: منشورات صلاح الدين، 1981)، ص 230؛ ومحمد عزة دروزة، فلسطين وجهاد الفلسطينيين (القاهرة: دار الكتاب العربي، 1959)، ص 34-35؛ والموسوعة الفلسطينية، ج 3، ص 562.
[10] كليفورد رايت، حقائق وأباطيل في الصراع العربي الإسرائيلي، ترجمة عبد الله عريقات وعبد الله عيَّاد (عمّان: دار الناصر، 1992)، ص 85، نقلاً عن جريدة الجارديان The Guardian البريطانية في عدد 14/11/1973.

Sumber :



About

  رَبَّنَا ٱغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَٰنِنَا ٱلَّذِينَ سَبَقُونَا بِٱلْإِيمَـٰنِ وَلَا تَجْعَلْ فِى قُلُوبِنَا غِلًّا لِّلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ رَبَّنَآ إِنَّكَ رَءُوفٌۭ رَّحِيمٌ

Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.

TRENDING